Jenis-Jenis Posting Blog Menarik
Nama :Rian Ariansah
Kelas :X TKJ
Sekolah :SMK ALBAROKAH
Saat
browsing untuk mencari ide postingan, tidak sengaja saya membaca link
di mbah google mengenai tipe-tipe posting yang menarik. Hmm, menarik dan
menambah wawasan saya. Mungkin suatu hari saya akan membuat posting
yang dibaca semua orang. Tentunya setelah saya menguasai materi dari
posting ini. Isinya seperti ini;
“Dalam menghadirkan posting yang bermutu dalam blog; Anda perlu
banyak variasi agar pengunjung tetap blog Anda tidak cepat bosan jika
harus kembali lagi ke blog Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menambah daya
tarik blog Anda. Selain itu, dengan cara ini brand blog Anda juga bisa
menjadi semakin kuat. Maka dari itu, saya mencoba membagi-bagi tipe-tipe
posting yang bisa menarik minat baca pengunjung. Simak selengkapnya
dalam posting ini.
17 Tipe Posting Menarik
1. Tutorial ; Postingan jenis ini menjelaskan cara
seseorang melakukan sesuatu secara step by step Postingan ini bisa
dianggap sebagai tipe yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Contoh
kecil adalah saat Anda ingin memodifikasi blog, maka Anda pasti akan
membuat artikel-artikel tutorial mengenai modifikasi blog.
2. Informasi ; Postingan jenis ini menjelaskan suatu
hal agar pengunjung yang sebelumnya tak paham tentang istilah tersebut
bisa mengerti. Misalkan membahas tentang SEO, maka akan dijelaskan SEO
itu apa, siapa yang memulainya, dst. Postingan jenis ini termasuk banyak
yang mencari, terutama para pemula di suatu bidang.
3. Definisi ; Kalau yang ini tentang definisi
suatu istilah. Anda menyampaikan definisi suatu istilah agar yang
membacanya bisa mengerti. Bedanya dengan tipe posting informasi,
postingan definisi biasanya lebih pendek. Sebab hanya menyampaikan
definisinya saja. Yang penting pembacanya paham arti suatu istilah.
4. Review ; Artikel jenis ini mereview atau
membahas tentang sesuatu. Biasanya berupa produk atau jasa. Artikel
jenis ini cukup digemari. Karena biasanya dijadikan pegangan sebelum
seseorang berniat membeli sesuatu. Review yang disampaikan mengulas
tuntas produk/jasa tersebut. Ditambahkan dengan opini tentang plus
minus-nya. Selain produk atau jasa, bisa juga membahas mengenai sebuah
situs web atau blog. Intinya mengulas tentang sesuatu dan menyampaikan
penilaian Anda tersebut terhadap pembaca.
5. Daftar ; Artikel berupa daftar ini sangat
digemari pembaca. Sebab sangat mudah untuk dipahami karena sudah disusun
dalam daftar (list). Ciri artikel ini biasanya menuliskan angka dalam
judulnya. Seperti contohnya artikel berjudul “17 Tipe Posting Blog yang
Menarik
6. Penelitian ; Artikel jenis ini memaparkan hasil
penelitian atau riset yang Anda lakukan. Misalnya Anda meneliti teknik
promosi yang paling banyak dipakai, hasilnya Anda sampaikan dalam bentuk
postingan. Postingan jenis ini memang butuh waktu lama. Sebab harus
didahului dengan riset. Namun meski begitu nantinya akan banyak
dijadikan rujukan. Sehingga pastinya back link mengalir ke posting ini.
Posting jenis ini biasa dilengkapi dengan tabel atau grafik hasil
penelitian.
7. Download ; Postingan jenis ini biasanya sangat
singkat. Yang penting terdapat link untuk mendownload sesuatu. Bisa
berupa ebook, software, musik, atau film. Postingan ini sangat disukai
pembaca. Karena banyak pengunjung yang suka mendownload. Anda pun bisa
membuatnya dengan mudah. Seperti membuat tulisan yang panjangnya 10-15
halaman dan diformat dalam bentuk ebook.
8. Wawancara ; Postingan jenis ini disusun dalam format
tanya-jawab. Anda sebagai pemilik blog bisa mewawancarai pakar yang
terkait dengan tema blog Anda. Misalnya, kalau tema blog Anda tentang
blogging, Anda bisa wawancarai blogger terkenal. Kalau tema blog Anda
tentang ekonomi, mungkin Anda bisa mewawancarai ahli ekonomi. Artikel
jenis ini juga sangat disukai pembaca. Karena memudahkan pembaca
menyimak. Pertanyaan dan jawaban tersaji langsung sehingga pembaca
seperti ikut mendengarkan langsung saat Anda mewawancarainya. Selain
itu, banyak orang yang tertarik untuk tahu pAndangan, pendapat, atau
opini dari pakar tersebut
9. Perbandingan; Postingan jenis ini membandingkan dua hal.
Bisa berupa dua produk atau layanan yang levelnya sama. Keduanya
dibandingkan lebih baik yang mana pada beberapa sisi. Keuntungan bagi
pembaca blog Anda, bisa langsung tahu kelebihan dan kekurangan suatu
produk/jasa. Karena itu posting ini termasuk yang paling dicari.
Contohnya seperti artikel “Pilih Mana, Blogger atau Wordpress?”
10. Studi kasus ; Artikel jenis ini menyajikan suatu studi
kasus. Misalnya tentang suatu blog yang terjual Rp 100 juta. Pasti
banyak orang yang tertarik mengetahuinya. Mereka ingin tahu bagaimana
ceritanya sampai blog tersebut bisa terjual segitu. Lika-liku suatu
kasus sangat dinantikan banyak orang.
11. Profil ; Posting ini menjelaskan profil
seseorang yang biasanya sudah terkenal. Dalam postingan tersebut
dijelaskan lengkap mulai dari biodata sampai kesuksesan yang diraihnya
sekarang. Artikel jenis ini banyak dicari karena menumbuhkan motivasi
dan inspirasi.
12. Motivasi ; Artikel jenis ini bertujuan memotivasi
orang. Seperti mengajak orang untuk bangkit dan optimis dalam hidup.
Intinya, mengobarkan semangat dan optimisme agar tak pernah menyerah.
Artikel jenis ini sangat dinanti dan membuat pembacanya serasa mendapat
suntikan semangat baru setelah membacanya.
13. Postingan berisi link ke blog lain ; Saat ini, postingan
jenis ini sangat mudah ditemukan di banyak blog. Intinya, terdapat link
yang mengarah ke blog lain. Tujuan dari link tersebut untuk memberikan
informasi yang lebih lengkap tentang suatu hal. Dengan link tersebut,
pengunjung sangat terbantu karena mendapatkan penjelasan yang lebih
komplet. Bagi pemilik blog sendiri, memberi link bisa menguatkan
hubungan dengan blogger lain.
14. Komentar ;Artikel jenis ini berisi komentar dari suatu
hal. Biasanya sebelumnya, Anda dahului dengan sebuah permintaan
berkomentar kepada pengunjung tentang suatu hal. Kemudian komentar dari
para pengunjung itu Anda kumpulkan dan pilih dalam posting khusus. Tak
lupa Anda memberi tanggapan terhadap masing-masing komentar. Postingan
jenis ini bisa menguatkan hubungan dengan para pengunjung blog Anda.
15. Kilas balik ; Artikel jenis ini menyampaikan kilas
balik perjalanan suatu hal. Bisa berupa blog, website, atau yang
lainnya. Dalam posting ini diceritakan. secara gamblang segala hal yang
terjadi. Umumnya posting ini dilakukan pada menjelang akhir tahun
sebagai cerminan atas pencapaian yang diraih.
16. Prediksi ;Nah kalau yang ini kebalikannya. Berisi
prediksi atau perkiraan suatu hal. Misalnya tentang prediksi bisnis
internet tahun 2009. Anda bisa analisis yang telah terjadi dan kemudian
memprediksi yang akan terjadi berikutnya. Biasanya postingan ini
dilakukan pada akhir tahun. Sedang untuk prediksi produk, biasanya
dituliskan sebelum atau beberapa saat setelah peluncuran produk.
Postingan prediksi sangat menarik dan kerap memancing perdebatan hangat.
17. PengAndaian; Artikel jenis ini berisi tentang suatu hal
yang belum terjadi. Cirinya biasanya berjudul “SeAndainya...”. Tentunya
pengAndaiannya tetap disesuaikan dengan topik blog. Sebagai contoh kalau
topik blog Anda tentang politik misalnya, Anda bisa menulis “SeAndainya
Tukul jadi Presiden”. Artikel jenis ini kuat mengundang perhatian dan
membuat gatal pengunjung untuk segera berkomentar.”
Tambahan dari saya adalah
18. Postingan Copy Paste ; Postingan ini mengcopy artikel menarik
dan mempublikasikan ulang di blog sendiri. Artikel jenis ini biasanya
sangat menarik namun tidak bermoral apabila tidak dicantumkan sumbernya
serta tanpa memberikan tanda jelas (seperti tanda kutip atau blok alinea
berbeda) disebut plagiarisme.
Silahkan pilih posting yang sesuai dengan karakter blog Anda dan tulis
di blog Anda. Anda tidak perlu menggunakan semua tipe posting ini,
gunakan hanya agar blog Anda terkesan selalu menghadirkan kreativitas
dan inovasi baru. Sekarang, posting jenis manakah yang akan Anda gunakan
terlebih dahulu? Atau mungkin anda punya jenis posting menarik baru
yang ingin disampaikan? Silahkan…
Guna menghindari plagiarisme berikut saya cantumkan sumber artikel tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar