Senin, 25 Maret 2013

Kerusakan CMOS

Gejala Kerusakan Pada MOTHERBOARD
Nama         :Rian Ariansah
Kelas         :X TKJ
Sekolah     :SMK ALBAROKAH


Mungkin di antara teman-teman ada yang mempunyai masalah seputar komputer, entah itu masalah VGA, RAM, Power Supply, Motherboard dll. Tapi kali ini saya hanya akan memposting salah satu kerusakan pada hardware komputer yaitu motherboard. Silahkan membaca?
Langsung saja motherboard adalah sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan. Secara prinsip, sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni system CPU (proccesor), sirkuit clock/timing, Ram, Cache, ROM BIOS, I/O port seperti serial, posrt pararel, slot ekspansi, port IDE dll.


Gejala Kerusakan:
*Setelah di hidupkan tidak ada tampilan di monitor alias blank.
*Lampu indikator (led) di panel depan menyala.
*Lampu indikator (led) di monitor berkedip-ke
*Kipas proccesor berputar tapi tidak ada suara *beep di speaker


Solusinya:
Langkah pertama lepas semua kabel power supply yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboard/mouse dan semua kabel yang terhubung ke CPU. Kemudian lepas scrup penutup cassing. Dalam keadaan cassing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen yang lain, yaitu tegangan dari power supply yang terhubung ke motherboard, harddisk, floppy dll. Hati-hati dalam melakukan pekerjaan jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada motherboard (VGA, SoundCard atau Card lainya). Sekarang yang menempel pada cassing hanya motherboard saja. Silahkan anda periksa motherboard dengan teliti, Lihat Chip (IC), Elko, Transitor dan yang lainya apakah ada yang terbakar
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan motherboard anda masih bagus, tapi dapat juga motherboard tidak jalan karena terdapat kerusakan pada bios (Jadi mendingan update BIOS saja kalo begitu). Dan jika masih belum bisa juga bawalah ke servis komputer terdekat.
Itulah ilmu yang saya dapat dari sekolah, semoga dapat membantu anda yang mempunyai masalah pada motherboard. Terima kasih
                                                                                          RIAN ARIANSAH



Tidak ada komentar:

Posting Komentar